FAKTA CATATAN: Orang Cina Menuduh Indonesia Sumber Virus Corona

<pre><pre>FAKTA CATATAN: Orang Cina Menuduh Indonesia Sumber Virus Corona

[ad_1]

Merdeka.com – Akun Instagram bernama @ shitpost.publish.iq menyebarkan konten tentang tuduhan China terhadap Indonesia sebagai sumber virus koroner. Unggah akun tangkapan layar laporan berjudul "China Menuduh Indonesia Menjadi Sumber Virus Corona"Tombol.

Gelombang Cina menuduh Indonesia sebagai sumber virus koroner

cakupan6

"Ini adalah kisah jutaan orang yang tidak bermain, "tulis akun Instagram @shitpost.publish.iq.

Berita diunggah ke akun Instagram @ shitpost. Ekstra Iq memiliki 2.880 suka.

Temukan itu

Menurut pencarian independen, penjelasan ditemukan di artikel Tempo.co berjudul "[Fakta atau Hoaks] Apakah Pemerintah Tiongkok benar-benar menuduh Indonesia menyebarkan Covid-19 Corona Virus? "Pada 26 Maret 2020.

Narasinya adalah bahwa pemerintah Cina menuduh Indonesia menyebarkan virus Corona Covid-19 di media sosial. Narasi ini didasarkan pada artikel di situs Kabarberita.site berjudul "Virus C virus yang berasal dari China, Sekarang Pemerintah Indonesia Mengambil Tuduhan Terhadap Indonesia Mendistribusikan Virus Covid-19".

Akun di Facebook orang yang memposting artikel itu adalah akun Yes Share Permit, yaitu 23 Maret 2020. Hingga tanggal ini, artikel tersebut telah diposkan ulang lebih dari 250 kali dan berkomentar 141 kali.

Artikel itu memuat pernyataan dari provinsi Shaanxi di China, tentang penyebaran kasus baru yang disebabkan oleh wabah virus Corona Covid-19. Mereka mengindikasikan bahwa wabah virus Corona Covid-19 adalah "kasus impor", salah satunya berasal dari Indonesia.

Untuk mengkonfirmasi klaim di atas, tim TempFact Check mencari kasus Covid-19 di Shaanxi, Cina, dari media yang tepercaya. Hasilnya, mereka menemukan berita dari situs media Jakarta Posting tersebut berisi tautan halaman yang memuat pernyataan resmi Komisi Kesehatan Shaanxi, Tiongkok, tentang kasus Covid-19 di wilayahnya.

Namun, setelah membacanya, belum ada pernyataan dari pemerintah Shaanxi yang menuduh Indonesia menyebarkan virus Covid-19 Corona. Dalam sebuah pernyataan pada 17 Maret 2020, Komisi Kesehatan Shaanxi baru saja mengumumkan bahwa ada kasus Covid-19 di wilayah impornya dari Indonesia.

Menurut Komisi Kesehatan Shaanxi, kasus Covid-19 impor Shaanxi yang pertama kali dialami oleh seorang warga negara Cina berusia 35 tahun bernama Zhang Maomao. Pada 10 Maret 2020, Zhang mengalami gejala batuk dan demam. Pada malam 13 Maret, ia naik penerbangan Dragon Air KA896 dari Indonesia ke Shanghai, Cina, melalui Hong Kong.

Sesampainya di Shanghai, Zhang menginap di Vienna Hotel, yang terletak di Shiwan 6th Road. Pada sore hari 14 Maret, Zhang melanjutkan penerbangannya dengan Chine Eastern MU2162 ke Xi's, Shaanxi. Sesampainya di bandara, ia melaporkan kepada petugas bahwa ia merasa sakit. Setelah suhu tubuh diukur, Zhang dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Xian.

Pada pagi hari 15 Maret, Pusat Pengendalian Penyakit Xian melakukan pemeriksaan nuklir dan serologis di Zhang. Dia juga menjalani pengujian gejala klinis, tes darah, tes pencitraan, dan konsultasi ahli sebelum positif untuk Covid-19. Kemudian, Zhang dipindahkan ke Rumah Sakit Kedelapan untuk perawatan dan perawatan.

The Jakarta Post melaporkan bahwa Direktur Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto, menyatakan bahwa ia belum menerima informasi mengenai kasus tersebut. Namun, dia mengatakan akan melacak kontak dekat Zhang di Indonesia. "Tapi itu akan sulit. Di mana kita mulai jika kita tidak tahu ke kota mana dia pergi?" katanya.

Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, mengatakan akan menghubungi pemerintah China untuk menyelidiki kasus Zhang dan melaporkannya ke pemerintah untuk penyelidikan lebih lanjut. "Memang, jumlah kasus penularan lokal di China menurun. Mereka terutama dari luar China. Dari 13 kasus positif Covid-19 (per 18 Maret), 12 di antaranya diimpor," katanya.

Kesimpulannya

Berita dari Tiongkok menuduh Indonesia sebagai sumber virus koroner tidak benar. Pemerintah Cina tidak pernah menuduh Indonesia sebagai sumber penyebaran virus koroner. [noe]

[ad_2]

Source link