Gubernur Jawa Timur Khofifah Memberikan PSBB Surabaya Raya kepada Menteri Kesehatan Hari Ini

Siap PSBB, Khofifah Kumpulkan Wali Kota Risma, Bupati Gresik dan Sidoarjo

[ad_1]

Gubernur Jawa Timur (Jawa Timur) Khofifah Indar Parawansa telah mengajukan permintaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk tiga wilayah di Surabaya kepada Kementerian Kesehatan. Tiga wilayah tersebut meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik.

Keputusan itu diambil sebagai hasil Rapat Koordinasi PSBB Wilayah Surabaya Besar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (19/4/2020). Dasar untuk mengajukan petisi kepada PSBB juga telah mempertimbangkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 9 tahun 2020 tentang Pedoman PSBB tentang Percepatan Manajemen Penyakit Virus Corona 2019 (Covid-19).

Menurut Khofifah, Kota Surabaya menjadi pusat penyebaran Covid-19 di Jawa Timur. Sementara Sidoarjo dan Gresik, yang sebenarnya merupakan zona penyangga Surabaya, juga memiliki kecenderungan meningkat pada pasien positif Covid-19. Ini disebabkan oleh pola interaksi yang sangat dekat di wilayah tersebut.

"Jadi sebagai tindak lanjut hari ini kami mengirim surat kepada Menteri Kesehatan untuk penentuan PSBB di wilayah Surabaya Raya," kata Khofifah dalam pernyataan tertulis, Senin (20/4/2020).

Selanjutnya, jika Menteri Kesehatan dikontrak, Khofifah akan menindaklanjuti dengan penerbitan peraturan gubernur (Pergub) tentang pedoman PSBB di wilayah Surabaya Raya.

"Di masa depan, ketiga wilayah ini akan mengikuti aturan walikota dan bupati dan harus menerapkan PSBB sesuai dengan ketentuan UU dan secara konsisten mendorong dan mempromosikan gaya hidup bersih dan sehat bagi masyarakat," katanya.

Selama pertemuan koordinasi, Khofifah juga membahas masalah pasokan logistik, fasilitas kesehatan dan jaminan sosial ketika PSBB dilaksanakan, termasuk penyediaan jaring pengaman sosial (bantuan sosial).

"Semua hal yang berkaitan dengan persiapan PSBB telah disiapkan, Insya Allah, siap diimplementasikan. Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memberikan dukungan untuk berbagai program termasuk jaringan jaminan sosial," katanya.

Selain Khofifah, ia juga menghadiri rapat koordinasi Walikota Surabaya Tri Risma Harini dan Forkopimda, Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dengan staf Forkopimda, dan Penjabat Sekretaris Gresik Nadlif bersama dengan staf Forkopimda yang mewakili Bupati Gresik.

[ad_2]

Source link