Jazzercise adalah 50, dan telah berevolusi melampaui lunges, legwarmers dan baju ketat

<pre>Jazzercise adalah 50, dan telah berevolusi melampaui lunges, legwarmers dan baju ketat

Tidak ada yang menjerit tahun 1980-an seperti Jazzercise – program kebugaran menampilkan beberapa elemen paling ikonik dekade ini, dari perms hingga nilon.

Tapi, apa yang telah menjadi salah satu waralaba kebugaran terbesar yang pernah ada sebenarnya telah berpuluh tahun sebelum ini: pada tahun 1969.

Tahun ini, waralaba itu berusia 50 tahun, dan perusahaan telah melangkah jauh melewati era ketika ia memperoleh ketenarannya dan telah berubah menjadi kerajaan global modern yang terus membuat orang di seluruh dunia bergerak. "Siswa" Jazzercise dari seluruh dunia merayakan ulang tahun emas pelopor kebugaran dengan pesta di San Diego, California, pada bulan Juni.

BACA LEBIH LAJUT:
Hip-hop, breakdance menjadi perhatian utama di Stuart Park di Kelowna

Perusahaan memperoleh lebih dari $ 100 juta per tahun dan memiliki ribuan waralaba di lebih dari 30 negara, dan CEO dan pendirinya adalah wajah yang dikenal oleh penggemar Jazzercise di seluruh dunia, dan banyak lainnya, mengenali: Judi Sheppard Missett, front yang penuh gairah orang dalam kaset Jazzercise vintage.

Sheppard Missett baru-baru ini meluncurkan bukunya, "Membangun Bisnis dengan Mengalahkan," merinci bagaimana dia mengubah hasratnya, seperti yang dia katakan, "bergerak dan grooving," menjadi bisnis yang terkenal di dunia.

Kecintaan terhadap tari yang sekarang berusia 75 tahun mulai sangat awal dalam hidupnya: dia mengambil kelas dansa pertamanya pada usia dua setengah tahun.

Dia mendirikan Jazzercise di studio tari Chicago pada tahun 1969, mengajar kelas tari aerobiknya sendiri berdasarkan tarian jazz klasik.

BACA LEBIH LAJUT:
‘Gila!’: Penari muda Calgary memukul layar di film Bollywood

Kurang dari dua dekade kemudian, Sheppard Missett telah merekrut lebih dari 1.000 instruktur, dan franchise-nya menjadi sangat besar sehingga pada satu titik, itu dianggap sebagai franchise dengan pertumbuhan tercepat kedua di AS.

Tapi, Sheppard Missett (dan mungkin banyak dari instruktur lain) telah melepaskan penghangat kaki mereka di tempat peralatan latihan modern, dan rutinitas telah berkembang juga – situs web Jazzercise mengatakan itu memadukan tarian dengan Pilates, kickboxing dan latihan kekuatan. Itu juga menyebutnya "latihan pesta dansa asli."

Dalam banyak hal, itu adalah; itu telah membantu membentuk banyak mode kebugaran hari ini, seperti Zumba dan menari tiang, kata Dr. Kathleen Martin Ginis, seorang profesor di Sekolah Ilmu Kesehatan dan Latihan di Universitas British Columbia.

TONTON DI ATAS: Peristiwa tahunan Zumba4Heart ke-7 yang menguntungkan Heart & Stroke

“Saya pikir kami benar-benar harus berterima kasih kepada Jazzercise karena benar-benar membuat kami memikirkan kembali latihan apa yang bisa dilakukan,” kata Dr. Martin Ginis. “Ini benar-benar adalah pertama kalinya kami melihat latihan berbasis kelompok dipromosikan pada tingkat populasi dan secara khusus ditargetkan untuk wanita.”

Tetapi, program yang mendorong orang untuk membangun tubuh mereka yang tanpa cacat memiliki kekurangannya sendiri.

“Jazzercise melakukan latihan aerobik, yang berarti itu adalah jenis latihan yang benar-benar ditargetkan untuk wanita,” kata Dr. Martin Ginis, “dan saya pikir banyak pria memandang latihan aerobik sebagai sesuatu yang sangat feminin … sesuatu yang hanya dilakukan oleh anak perempuan atau perempuan. ”

Jazzercise modern, bagaimanapun, tampaknya lebih inklusif – situs web menampilkan video dengan laki-laki, serta orang-orang dari tipe tubuh yang berbeda, juga melakukan pelajaran.

PERHATIKAN DI ATAS: Giuseppe Giofre menunjukkan kepada Jeff dan Carolyn di The Morning Show apa yang diperlukan untuk menari di atas panggung dengan Taylor Swift dan Jennifer Lopez

Untuk benar-benar melihat seperti apa kelas Jazzercise hari ini, saya mengunjunginya sendiri. Itu adalah jam 9:30 pagi di Thornhill, Ontario, dan, pada kenyataannya, ada satu orang di kelas itu.

Ada orang-orang dari segala usia di kelas, dan instrukturnya, Claudia Wetzel, mengatakan bahkan ada orang berusia 70-an yang datang untuk mendapatkan alur mereka (dan berkeringat).

BACA LEBIH LAJUT:
Terapi dansa membuat manula kembali berdiri – dan lantai dansa

“Kami hanya melibatkan semua orang dan siapa saja [who] suka menari, ”kata Wetzel, yang telah menjadi guru di Jazzercise selama 23 tahun.

Apa yang mereka menari juga telah dimodernisasi – soundtrack biasanya dikaitkan dengan Jazzercise (menampilkan lagu-lagu disko dari band-band seperti KC dan Sunshine Band) telah ditukar untuk lagu-lagu yang lebih diperbarui dari Sean Paul dan David Guetta).

Dawne Barbieri, seorang siswa di kelas (dan instruktur Jazzercise), memuji perusahaan dengan mengubah hidupnya. Dia memiliki penggantian pinggul dua tahun lalu, dan dia mengatakan program kebugaran adalah bagian dari pemulihannya.

TONTON DI ATAS: Di Vancity SBK Festival 2019, penari dari seluruh negeri mempelajari keterampilan menari baru dalam gaya salsa, bachata dan kizomba

"Saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada Jazzercise karena mengembalikan mobilitas saya," kata Barbieri.

Tapi, apakah Jazzercise masih membuat orang tetap fit? Leila Bates mengatakan itu – dia kehilangan 10 lbs. dalam waktu sekitar 12 minggu.

Dia berkata, “Saya baru saja melihat tubuh saya benar-benar berubah sangat cepat, dan [Jazzercise] benar-benar menyenangkan. "

Itulah yang tampaknya menjadi hasil imbang terbesar di kelas – hampir setiap "siswa" tersenyum di beberapa titik dalam pelajaran karena siapa yang bisa menolak pesta dansa yang bagus?

© 2019 Global News, sebuah divisi dari Corus Entertainment Inc.