Kementerian Perindustrian Memperkenalkan AMMdes untuk Penyemprot Desinfektan

Alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes).

[ad_1]

AMMdes adalah kendaraan serbaguna yang dapat digunakan di banyak daerah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong PT Wintor Indonesia (KMWI) Indonesia untuk secara aktif mengembangkan Peralatan Mekanik Serbaguna Pedesaan (AMMDes) yang dapat digunakan di berbagai daerah, sesuai dengan kebutuhan saat ini. Misalnya, donasi untuk membantu pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di negara tersebut.

Direktur Industri Maritim, Peralatan Transportasi, dan Peralatan Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian, Putu July Ardika mengatakan, kementerian tersebut menghormati KMWI sebagai produsen AMMDes. Agar berhasil merancang Tangki Air AMMDes sebagai fasilitas penyemprotan cairan desinfektan untuk menangani penyebaran Covid-19.

Unit multi-fungsi dilengkapi dengan tangki 600 liter. "Kami optimis bahwa Tangki Air AMMDes dapat mencapai daerah yang tidak terjangkau dengan kendaraan besar untuk menyemprotkan desinfektan," katanya.

Keuntungan dari AMMDes adalah menggunakan kunci diferensiasi dan penggunaan ban yang dapat disesuaikan dengan medan berkontur untuk dilewati. Diyakini AMMDes tidak akan terpeleset saat bepergian di jalan ekstrem dengan infrastruktur minimal.

"Namun, dalam pengoperasian unit AMMDes untuk desinfektan, kami ingat dan ingat bahwa itu dilakukan secara efisien, efisien, dan dengan manfaat maksimal," kata Putu.

Dia mengatakan penyemprotan dilakukan di lokasi berisiko tinggi tertentu yang sedang atau masih digunakan oleh publik, tidak membuang desinfektan, tidak membahayakan orang atau pengusaha, dan dipandu oleh protokol untuk menangani penyebaran Covid-19, dan selalu berkonsultasi dengan pihak berwenang.

Lebih lanjut, Kementerian Perindustrian semakin mengundang semua pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dalam pengembangan dan pengembangan AMMDes. Apalagi AMMDes sudah memiliki komponen lokal tingkat tinggi hingga 70 persen.

"Ini tentu akan mempercepat pengembangan pekerjaan nasional. Ini merupakan upaya mewujudkan kemandirian industri manufaktur nasional," kata Putu. Pengembangan AMMDes juga diharapkan dapat mendorong semangat industri manufaktur di tengah pandemi Covid-19.

Presiden KMWI Reiza Treistanto mengatakan akan mendukung upaya pemerintah untuk memutus rantai distribusi Covid-19 di negara ini. Salah satu langkah strategis adalah mengubah fungsi AMMDes Water Tanks menjadi penyemprot cairan desinfektan.

Reiza menambahkan bahwa penyemprotan dilakukan bekerja sama dengan bupati, kepala desa, pusat kesehatan, RT, RW dan tokoh masyarakat. Penyemprotan desinfeksi dengan unit AMMDes Water Tank dilakukan di daerah berisiko tinggi, seperti taman di mana orang berolahraga di pagi hari dan di malam hari di mana orang mengunjungi untuk beristirahat atau bermain dengan anak-anak, tempat ibadah masih harus dikunjungi oleh komunitas terbatas, pasar sayur pagi dan pos keamanan.

"AMMDes dengan aplikasi Tangki Air ini dapat digunakan untuk berbagai fungsi. Tidak hanya fungsi penyemprotan desinfektan ini tersedia di beberapa tempat, mereka juga dapat dibandingkan dengan unit pemurnian air AMMDes-KMW," katanya.

[ad_2]

Source link