Klaim virus korona palsu manusia menunjukkan betapa orang yang putus asa menjadi viral: ahli – Nasional

<pre>Klaim virus korona palsu manusia menunjukkan betapa orang yang putus asa menjadi viral: ahli - Nasional

A Vaughan, Ont. pria yang secara salah mengklaim dirinya memiliki coronavirus, menyebabkan penerbangan WestJet Toronto-ke-Jamaika untuk kembali ke bandara, mengatakan ia hanya ingin menjadi viral.

“Saya membawa kamera. Saya mencari untuk mendapatkan video viral. Saya ingin meningkatkannya di semua platform media sosial, ”James Potok, 28, sebelumnya mengatakan kepada Global News.

“Rasanya bagi saya seperti ini dalam selera yang buruk, dalam retrospeksi. Apa yang saya lakukan, saya berdiri, saya berkata, "Bisakah saya mendapatkan perhatian semua orang? Saya baru saja kembali dari Provinsi Hunan – dan hanya itu. ”

BACA LEBIH BANYAK: Pria yang membuat klaim virus korona palsu yang menyebabkan penerbangan Toronto-Jamaika kembali ingin membuat video viral

“Saya pikir itu akan menimbulkan semacam reaksi, bukan di pesawat. Semakin banyak orang yang melihat di media sosial, "Wow, anak ini punya keberanian," atau, "Bocah ini gila."

Tweet Ini

Kisah berlanjut di bawah iklan

WestJet mengatakan Penerbangan 2702, dengan 243 penumpang, sedang dalam perjalanan ke Bandara Internasional Sangster di Montego Bay pada hari Senin ketika terganggu oleh "tamu yang tidak bisa diatur."

Maskapai mengatakan pesawat itu kembali ke Toronto, tempat penegak hukum dan paramedis sedang menunggu.

0: 40Teen tutorial TikTok berubah menjadi permohonan untuk Uighur di Cina

Tutorial TikTok remaja berubah menjadi permohonan untuk Uighur di Cina

Potok dinilai saat mendarat kembali di Toronto dan dianggap bebas gejala. Dia kemudian didakwa dengan kerusakan dan dijadwalkan di pengadilan Ontario pada bulan Maret.

Mengingat keunggulan media sosial dan kemasyhuran yang dapat muncul sebagai akibat dari viral, Josh Klapow tidak terkejut dengan kisah Potok. Dia adalah profesor klinis kesehatan masyarakat di The University of Alabama di Birmingham.

Namun, dia terkejut dengan motif Potok untuk mengajukan klaim.

3: 19Apa yang perlu diketahui orang tua tentang 'Tantangan Penny' di TikTok

Apa yang perlu diketahui orang tua tentang 'Tantangan Penny' di TikTok

"Beberapa orang ingin menjadi viral hanya karena mereka ingin menjadi terkenal, tetapi orang ini … memberi kami alasan yang lebih berpikiran bisnis," kata Klapow.

"Ini menyajikan sedikit lebih banyak alasan logis daripada apa yang dilakukan banyak orang ketika mereka merekam video untuk menjadi viral."

Kejadian ini menarik, kata Klapow, karena bisa menandakan penggunaan baru untuk media sosial.

Kisah berlanjut di bawah iklan

BACA LEBIH BANYAK: 'Fire Fire' meninggalkan bocah berusia 12 tahun dengan luka bakar tingkat 2

"Saya pikir agak menakutkan bahwa ini adalah upaya pemasaran mandiri," kata Klapow.

"Apa yang mungkin kita lihat [more of] adalah jajaran orang yang lebih luas yang mengambil langkah-langkah yang kurang dipikirkan dengan matang untuk mempromosikan diri sendiri, mempromosikan produk, atau mengarahkan lalu lintas.

Model pemasaran ini dapat dengan mudah diadaptasi untuk merek dan perusahaan PR, mengisi ruang online dengan "lebih banyak kebisingan," kata Klapow.

0: 41TTC subway rider nampaknya merekam video melalui jendela pintu kereta yang hilang

Pengendara kereta bawah tanah TTC tampaknya merekam video melalui jendela pintu kereta yang hilang

“Ketika ada lebih banyak suara berbasis web, [that] berarti kita harus melakukan hal-hal yang lebih ekstrem agar tidak tersesat dalam kebisingan … yang berarti Anda akan mendapatkan lebih banyak orang seperti [Potok]," dia berkata.

Terlepas dari motif seseorang, menjadi viral memastikan satu hal: ratusan dan jutaan 'suka' online.

Ini bisa dibilang salah satu cara termudah untuk mendapatkan hit dopamin cepat, yang merupakan bahan kimia otak yang membuat kita merasa baik.

Melakukannya untuk hit dopamin

Dopamin adalah neurotransmitter, juga dikenal sebagai bahan kimia di otak yang mengangkut informasi, dan itu dapat menjelaskan mengapa orang bersedia mengambil risiko besar untuk 'suka' secara online.

“Dopamin memengaruhi sistem penghargaan otak kita, dan melakukan sesuatu yang menurut otak kita menyenangkan menyebabkan lebih banyak dopamin dilepaskan, dan meningkatnya keinginan untuk mengulangi kegiatan itu,” kata psikoterapis terdaftar Renee Raymond.

"Media sosial adalah bagian integral dari kehidupan banyak orang dan sulit untuk mengabaikan permintaan untuk ingin disukai."

Kisah berlanjut di bawah iklan

BACA LEBIH BANYAK: Pejabat kesehatan Saskatchewan memperingatkan terhadap tipuan coronavirus

Aksi atau prank media sosial adalah cara cepat dan mudah untuk mendapatkan banyak suka dalam waktu singkat.

"Ada banyak bintang YouTube dan Instagram yang telah memperoleh pengikut dan suka untuk aksi mereka, yang memperkuat keinginan untuk terlibat dalam jenis kegiatan ini," kata Raymond.

Sayangnya, dopamin “tidak pandang bulu” dalam hal perilaku baik dan buruk – Anda bisa merasakannya ketika Anda melakukan sesuatu yang baik dan ketika Anda melakukan sesuatu yang berbahaya.

"Bagi sebagian orang, konsekuensi mengejar hal-hal yang menyenangkan mungkin diabaikan karena betapa diinginkannya hasil yang diinginkan," kata Raymond.

"Kami melihat ini dengan penjudi, mereka mengejar 'kemenangan' yang tinggi dan mungkin menghabiskan beberapa dolar untuk mengejar perasaan itu."

Dalam hal ini, Potok mungkin mengabaikan konsekuensi potensial dalam pengejarannya untuk 'suka' dan hit dopamin berikutnya.

Luangkan waktu untuk melambat

Ketika datang ke media sosial, Raymond mengatakan menggunakan kesadaran adalah hal yang kritis.

“[It] dapat membantu memperlambat impuls kami dan memberi kami waktu untuk memproses pilihan kami, ”katanya. "Perhatian hanya menjadi lebih sadar dan terlibat di masa sekarang."

Kisah berlanjut di bawah iklan

"Menyadari fakta bahwa keputusan yang Anda buat adalah maladaptif adalah langkah pertama dalam pengambilan keputusan yang lebih baik."

Tweet Ini

BACA LEBIH BANYAK: Pejabat kesehatan mendesak warga Kanada untuk mendapatkan informasi coronavirus dari sumber yang dapat dipercaya

Lain kali jika Anda mencoba untuk memutuskan apakah Anda harus melakukan sesuatu yang dapat memiliki konsekuensi berisiko, luangkan beberapa saat untuk melambat.

"Pertimbangkan apakah perasaan yang akan Anda kejar dan konsekuensinya sepadan dengan keputusan," katanya. "Bertanya pada diri sendiri pilihan alternatif apa yang dapat Anda buat juga dapat membantu memutuskan apakah sesuatu yang ingin Anda lakukan untuk ketenaran dan perhatian adalah keputusan yang baik."

Jika ragu, tanyakan beberapa orang yang bertanggung jawab yang dekat dengan Anda, seperti orang tua, teman, atau kolega Anda, apakah pilihan yang akan Anda buat adalah pilihan yang baik.

⁠ —Dengan file dari Nick Westoll

Meghan.Collie@globalnews.ca

© 2020 Global News, sebuah divisi dari Corus Entertainment Inc.

STANDAR JURNALISTIK

LAPORAN KESALAHAN