Memenangkan Enam Penghargaan di Acara IGA, Pertamina EP Mempertimbangkan Konsisten dalam Melaksanakan Program Sosial dan Lingkungan | Berita

<pre><pre>Memenangkan Enam Penghargaan di Acara IGA, Pertamina EP Mempertimbangkan Konsisten dalam Melaksanakan Program Sosial dan Lingkungan | Berita

[ad_1]

Memenangkan Enam Penghargaan di Acara IGA, EP Pertamina Konsisten dalam Melaksanakan Program Sosial dan Lingkungan

JAKARTA – PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dan juga kontraktor kontrak (KKKS) di bawah pengawasan SKK Migas, kembali mencatat prestasi positif dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). Pada Forum Indonesia Green Awards (IGA) 2020, EP Pertamina menang Penghargaan Indonesia Hijau Terbaik tahun 2020 melalui enam kategori yang diperoleh pada suatu acara yang diadakan pada pertengahan Maret 2020.

Di forum Indonesia Green Award Pertamina EP (PEP) memenangkan penghargaan melalui enam kategori, yaitu pengelolaan limbah plastik, konservasi sumber daya air, dan teknologi rekayasa hemat energi. Selain itu, unit bisnis PEP juga memenangkan kategori pengembangan keanekaragaman hayati, mempelopori pencegahan polusi, dan memperluas pemrosesan terintegrasi.

Menurut Hermansyah Y Nasroen, Manajer Humas PEP, dalam kategori pengelolaan limbah plastik, PEP menerima penghargaan untuk empat unit bisnis, yaitu PEP Asset 1 Field Milk Base, PEP Asset 1 Field Field, PEP Asset 3 Tambun Field, dan PEP Asset 5 Field Tarakan . Penghargaan untuk konservasi sumber daya air dimenangkan oleh PEP Asset 1 Jambi Field dan kategori rekayasa teknologi untuk penghematan energi diraih oleh PEP Asset 4 Donggi-Matindok Field.

Sementara kategori keanekaragaman hayati diperoleh oleh beberapa unit bisnis, yaitu Ladang Bidang PEP Aset 2, Ladang Susu PEP Aset 1, Kebijakan Lapangan Aset EP 4 Lapangan, Lapangan Regional Aset EP EP 1, Lapangan Pertamina EP Asset 5 Lapangan Sangasanga, dan Aset EP Pertamina 3 Padang Tambun.

"Penghargaan lainnya dimenangkan oleh Lirik Field, Field Poleng, Field Ramba, Regional Region, Field Subang, Tambun, dan Tarakan Tield untuk kategori pengembangan keanekaragaman hayati dan Field Bunyu, Field Jatibarang, Field Limau, Lyric Field, dan Prabumulih Field untuk kategori logging. pemrosesan terintegrasi, "kata Hermansyah dalam pernyataan tertulis.

PEP menang Indonesia Green Award ini menunjukkan ketahanan EP Pertamina dalam mengimplementasikan program TJSL untuk orang-orang di sekitar operasi. Ini dibuktikan dengan lebih dari 300 program yang berjalan setiap tahun sekitar $ 40 miliar per tahun, sebagian besar untuk lingkungan, pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan infrastruktur.

Menurut Risna Resnawaty, pakar CSR dari Universitas Padjadjaran, hingga saat ini PEP adalah satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menerima empat PROPER Emas dalam dua tahun berturut-turut, tidak termasuk jumlah PROPER Hijau yang diperoleh oleh unit bisnis perusahaan. Empat PROPER Emas yang dicapai oleh PEP adalah pada tahun 2018 melalui PEP Asset 1 Field Regional, PEP Asset 3 Field Subang dan Tambun Field, dan PEP Asset 5 Field Tarakan dan 2019 melalui tiga unit bisnis umum, tidak termasuk Field Tarakan digantikan oleh PEP Asset 1 bidang.

Menurutnya, PEP berhasil mengimplementasikan TJSL. Beberapa unit bisnis PEP memenangkan PROPER Gold dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan bahkan dalam empat tahun berturut-turut memenangkan empat PROPER Gold.

"Saya melihat keuntungan dari program PSP PEP karena memiliki tiga faktor, yaitu inovasi dan jenis program yang baik, sumber implementasi, dan pelaporan yang baik," katanya.

Menurutnya, peran PEP dalam implementasi pembangunan saat ini tercermin dalam kuantitas dan kualitas TJSL yang memiliki dampak positif pada peningkatan kehidupan masyarakat. Selain itu, PEP juga memiliki bagian khusus yang mengelola urusan TJSL. "Dapat dikatakan bahwa sementara perusahaan lain masih menjadikan PSL sebagai aktivitas pendukung, PEP menganggap serius TJSL karena melakukan bisnisnya," katanya.

Krisdyatmiko, pengamat CSR dari Universitas Gadjah Mada, menambahkan bahwa perusahaan yang mendapatkan PROPER Gold berarti telah menunjukkan keunggulan dalam pengelolaan lingkungan, ditambah dengan menjalankan program pengembangan masyarakat untuk memenuhi tanggung jawab sosialnya. Blatihan ini mereka yang mendapatkan PROPER Gold tentu memiliki program terkait CSR yang berorientasi komunitas di lokasi program mereka. "Perusahaan mampu mengembangkan potensi lokal untuk memenuhi kebutuhan dan masalah sosial yang pada akhirnya berkontribusi pada kesejahteraan sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat," katanya. (AP)

 

Editor: alam



[ad_2]

Source link