Mencegah Corona, Pemerintah Aceh Mula Membagikan Sejuta Masker kepada Masyarakat

AJNN.net - Aceh Journal National Network

[ad_1]

Mencegah Corona, Pemerintah Aceh Mula Membagikan Sejuta Masker kepada Masyarakat
Foto: Ist

BANDA ACEH – Mengantisipasi penyebaran virus korona, Pemerintah Aceh mulai menyebarkan satu juta topeng kain untuk keluarga yang kurang mampu di seluruh Aceh.

Topeng itu diedarkan secara simbolis oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, kepada Kepala Kantor Koperasi dan Perdagangan UKM Kota Banda Aceh, M. Nurdin, dan Kepala Kantor Koperasi Koperasi Kecil dan Menengah Aceh Aceh, Taufiq, di Kantor Koperasi dan Perusahaan Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Aceh, Ahad, (19/4).

Dyah mengatakan, pengadaan satu juta topeng dilakukan oleh Pemerintah Aceh untuk mendorong orang memakai topeng untuk setiap kegiatan di luar rumah. Sehingga dapat menyempitkan potensi penyebaran virus korona.

Selain itu, kata Dyah, pemerintah juga bekerjasama dengan perniagaan mikro dan kecil tempatan (UMKM) dalam menghasilkan satu juta topeng. Selain menjangkakan penyebaran korona, pembelian topeng juga diharapkan dapat membantu UMKM setempat yang terjejas secara ekonomi.

Baca: UKM Bersemangat dalam Pengeluaran Topeng

"Pengadaan topeng sejalan dengan permintaan presiden, dengan menggunakan topeng, potensi infeksi korona dapat lebih kecil. Semoga kita dapat mengajukan permohonan ini," kata Pemangku Isteri Gubernur Aceh.

Dyah berkata, satu juta topeng ditujukan untuk keluarga yang kurang mampu. Dia mengatakan, jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan topeng 20 persen dari total populasi Aceh.

"Sementara selebihnya adalah untuk kelas menengah, mereka biasanya dapat membeli sendiri," kata Dyah.

Selain memakai topeng, Dyah juga meminta orang ramai untuk menerapkan protokol kesihatan yang lain. Bermula dari menerapkan jarak fizikal, jarak sosial, mencuci tangan secara rutin, etika batuk dan menjaga kebersihan.

Pada kesempatan itu, Dyah menghargai Pejabat Koperasi dan PKS. Menurutnya, program itu sangat diperlukan oleh masyarakat. "Semoga gerakan sejuta topeng ini dapat menggerakkan organisasi lain untuk turut serta dalam melakukan perkara yang sama."

Sementara itu, Ketua Kantor Koperasi dan UKM Aceh, Wildan, mengatakan bahawa pihaknya telah melibatkan seribu lebih UMKM dari semua kabupaten / kota untuk menghasilkan satu juta topeng ini.

"Pada masa ini, terdapat 150 UMKM yang melibatkan lebih dari seribu tukang jahit yang telah mula menghasilkan topeng," kata Wildan.

Wildan mengatakan, selain mengantisipasi penyebaran virus korona, program sejuta topeng ini juga diharapkan dapat membantu memanfaatkan ekonomi UMKM setempat.

"Hari ini kami secara simbolik menyerahkan kepada perwakilan Pemerintah Kota Banda Aceh sebanyak 10 ribu dan Aceh Besar 15 ribu. Sementara untuk kabupaten / kota lain, kami akan membagikannya secara beransur-ansur besok," kata Wildan.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Pengarah RSUDZA, Azharuddin, Ketua Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Sunawardi, Ketua Badan Pembangunan Sumber Manusia, Syaridin, Pemangku Ketua Departemen Perdagangan dan Industri, Muslem Yacob, Ketua PP Satpol dan WH, Jalaluddin, dan Ketua Biro Perhubungan Awam dan Protokol, Muhammad Iswanto.

Banner Kerjasama Besar Aceh

[ad_2]

Source link