Pembangunan Harus Sesuai dengan Tujuan Komunitas

AJNN.net - Aceh Journal National Network

[ad_1]

Memegang Musrenbang Online, Wakil Bupati Aceh Jaya: Pembangunan Harus Sesuai Dengan Tujuan Komunitas
Pelaksanaan Musrenbang Aceh Jaya melalui konferensi vdeo yang ruang kendali berlangsung di Ruang Pusat Media Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya. Foto: AJNN / Beacon

ACEH JAYA – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya mengadakan Rapat Perencanaan Pembangunan RKPK (Musrenbang) untuk tahun fiskal 2021 melalui konferensi video (VidCon) yang berlangsung pada hari Senin (20/4).

Kepala Bapeda Aceh Jaya, Hendri Kusnadi dalam pidatonya mengatakan bahwa Musrenbang tingkat kabupaten merupakan kelanjutan dari Musrenbang yang diadakan di tingkat kecamatan pada Februari lalu, di mana dalam diskusi tersebut, perumusan dan sinkronisasi program dan kegiatan pembangunan dan indikatornya akan dilakukan kemudian.

"Peluang ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana kami melakukan ini melalui konferensi video untuk mencegah penyebaran Covid-19, yang merupakan salah satu cara untuk menjauhkan," kata Hendri.

Dia melanjutkan, salah satu tujuan pelaksanaan Musrenbang ini adalah untuk membahas rencana dokumen tahun fiskal 2021 menjadi rancangan akhir RKPK Aceh Jaya pada tahun 2021 yang nantinya akan ditentukan sebagai peraturan bupati.

Dia menambahkan bahwa untuk target indikator kinerja makro Kabupaten Aceh Jaya yang akan dicapai pada tahun 2021, indeks pembangunan manusia (IPM) dari 69.71 poin pada tahun 2019 menjadi di atas 69.91 poin pada tahun 2021 yang merupakan target akhir RPJMK.

"Pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan mencapai 5,66 persen pada tahun 2021 sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dalam RKT," katanya.

Sementara tingkat kemiskinan akan turun menjadi 12,61 persen pada 2021 dari 13,36 persen pada 2019 dan tingkat pengangguran menjadi 2,81 persen pada 2021 dari 4,19 persen pada 2019.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Jaya berharap kegiatan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sebagai sasaran utama pembangunan, namun tetap memperhatikan koordinasi dengan prioritas dan sasaran pembangunan untuk mewujudkan visi dan misi bupati dan wakil bupati yang disepakati dengan DPRK dan telah dinyatakan dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah sederhana (RPJMK) Aceh Jaya pada tahun 2017-2022.

"Persiapan RKPK Aceh Jaya pada tahun anggaran 2021 harus lebih cermat dan terintegrasi, dan dapat menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Aceh Jaya," kata Tgk Yusri.

Dia juga mengatakan peningkatan sumber daya manusia akan menjadi "titik fokus" pembangunan pada tahun 2021. Ini dilakukan untuk meningkatkan indeks pengembangan manusia di Kabupaten Aceh Jaya.

"Indeks pengembangan manusia menurut data terbaru yang dirilis oleh CBS adalah 69,74 poin pada 2019, peningkatan yang signifikan 0,91 poin dari 2018, dan jauh di atas target dalam RPJMK untuk 2019 dan 2020.

Selain itu, menjelang 2021 target IPM Aceh Jaya akan melewati target RPJMK akhir yang melebihi 69.91 poin, "kata Tgk Yusri.

Dia juga mengatakan bahwa program pro-rakyat di Kabupaten Aceh Jaya berlanjut sampai akhir jabatannya.

"Program dan kegiatan pro-rakyat dalam konteks meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengurangi kemiskinan, seperti: beasiswa Aceh Jaya pintar, beasiswa dan tunjangan penggunaan siswa, aslureti, subsidi listrik gratis untuk orang miskin, bantuan makanan non tunai, pembangunan rumah yang layak, harus diikuti oleh berbagai sumber pendanaan, "simpul Tgk Yusri.

[ad_2]

Source link