Penerima Bantuan Pemulihan Gempa Bumi, Resident Visiting BPBD

AJNN.net - Aceh Journal National Network

[ad_1]

Penerima Bantuan Pemulihan Gempa Bumi, Resident Visiting BPBD
Warga Gampong Pasi Lancang, Kabupaten Tanjong Kembang pergi ke kantor BPBD

PIDIE – Pembangunan kembali rumah-rumah bantuan untuk para korban gempa Pidie Jaya 2016 di Desa Pasi Lancang, Distrik Bunga Tanjong, Kabupaten Pidie diduga tumpang tindih, menyebabkan masyarakat menantang pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Puluhan orang tiba pada Senin (20/4) untuk mempertanyakan proses verifikasi data penerima bantuan rekonstruksi untuk rumah yang rusak.

Yusriadi (42), seorang perwakilan masyarakat untuk AJNN, mengatakan ada rumah yang direhabilitasi pada tahap pertama tetapi menerima rehabilitasi tahap kedua.

"Para korban menerima pemulihan pertolongan pertama tetapi mendapatkan nama kedua dengan nama yang sama. Kami menduga ada manipulasi data dari penduduk desa setempat," katanya.

Faktanya, dua unit rumah lanjut usia di daerah itu rusak oleh gempa tetapi tidak termasuk dalam konfirmasi penerima.

"Kami pergi ke kantor BPBD untuk meminta ini diselesaikan," kata Yusriadi.

Menanggapi bantuan pemulihan perumahan, ada tumpang tindih keluhan dari warga, Kepala Rehabilitasi dan Rehabilitasi Pidie BPBD, Fauzan mengatakan, tahap pertama 2018 selesai berdasarkan data konfirmasi yang diberikan oleh pemerintah daerah.

Sementara fase terakhir akan mencakup 275 unit rumah di beberapa daerah, delapan di antaranya dalam kondisi kritis dan 167 dalam kerusakan sedang. Rp 85 juta per unit untuk kerusakan berat dan Rp 20 juta per unit untuk kerusakan ringan.

"Tim BPBD menegaskan kembali tahap akhir berdasarkan data yang disampaikan Keuchik. Jadi yang kami bantu hanyalah kerusakan sederhana dan berat, kami menerima data dari Keuchik lokal dan kami mengonfirmasinya," katanya.

Terkait dengan korban gempa yang belum menerima bantuan pemulihan perumahan, Fauzan mengatakan, masyarakat dapat mengajukan permohonan BPBD.

"Jika ada celah, kami akan mencoba membantu, jadi kami meminta Anda bersabar," katanya.

[ad_2]

Source link