Robot Eradikasi Ultraviolet Untuk Digunakan Di Rumah Sakit Referensi Covid-19 Jawa Barat

Harapan Rakyat Online

[ad_1]

Robot desinfeksi ultraviolet
Robot desinfeksi ultraviolet ditunjukkan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (4/4/2020).

Berita Jawa Barat, (harapan)., – Robot desinfeksi ultraviolet sedang dipersiapkan untuk digunakan di rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Barat. Robot ini berfungsi untuk mensterilkan kamar dari virus dan mikrobiologi lainnya.

Robot itu dibuat oleh Universitas Telkom Bandung dan ember itu diperlihatkan di depan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada Sabtu (18/4/2020).

Kekuatan robot, yang disebut AUMR, dipuji oleh Emil. AUMR sendiri berarti UVC Mobile Robot Auronomous.

AUMR memiliki kemampuan untuk bergerak secara otomatis tanpa sentuhan manusia. Robot-robot ini dapat mensterilkan sinar ultraviolet secara efektif dan efisien.

"Robot desinfeksi ultraviolet ini memiliki kelebihannya sendiri. Ia dikendalikan oleh remote control, sehingga tidak boleh disentuh oleh manusia. Paling baik digunakan di koridor rumah sakit bernama Covid-19 di Jawa Barat," kata Emil.

Emil meminta Universitas Telkom dan LIPI untuk menghasilkan surat kemampuan untuk menghasilkan AUMR dalam waktu satu bulan.

"Segera untuk surat tertulis, berapa yang bisa diproduksi dalam sebulan. Sekarang kita berlomba dengan waktu. Jika sudah diproduksi dalam jumlah besar, bisa langsung digunakan," katanya.

Menurutnya, robot ini akan lebih disukai untuk digunakan di Rumah Sakit Umum Hasan Sadikin, Bandung. Sementara itu di Jawa Barat ada 105 unit rumah sakit rujukan Covid-19.

"Semoga itu bisa digunakan di rumah sakit rujukan di Jawa Barat, tetapi prioritas pertama akan digunakan dulu di RSHS," katanya.

Emil juga meminta universitas untuk berinovasi untuk membantu mengatasi wabah Covid-19. Ini dipresentasikan oleh Emil di forum rektor perguruan tinggi. Selain robot AUMR, IPB juga menguji ventilator otomatis di Kementerian Kesehatan.

"Covid-19 dapat diselesaikan dengan cepat dengan kerja sama dan kebersamaan. Saya mendesak universitas untuk berinovasi untuk membantu mengatasi Covid-19," katanya.

Sementara itu, Prof Adiwijaya, Kanselir Universitas Telkom, mengatakan AUMR telah diuji untuk sterilisasi kamar wisma atlet Jakarta, yang sekarang digunakan untuk merawat pasien Covid-19.

Selain itu, kuman ultraviolet juga telah digunakan untuk menghancurkan virus mikrobiologis di laboratorium Bogor.

"Robot ini sangat efektif menghancurkan virus dalam waktu sekitar 10 hingga 20 menit," kata Adiwijaya.

Adiwijaya menambahkan bahwa AUMR seluler, selain dapat beroperasi sendiri, juga dapat dioperasikan dari jarak jauh. "Saat bekerja, kuman ultraviolet ini tidak memerlukan kontak manusia," katanya. (NDU / R7 / HR-Online)

[ad_2]

Source link