Rumah Zakat Membantu Warga Yang Terlibat Melalui Makanan Keluarga

Pandemi Covid-19 memberikan efek dalam setiap sendi kehidupan di masyarakat, baik sosial maupun ekonomi. Tidak terkecuali bagi masyarakat di desa berdaya Kubangsari, Brebes. Banyak diantara warga terutama para pedagang kecil mengalami penurunan omset penjualan akibat pandemi ini.

[ad_1]

Bantuan itu menjadi perhatian masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES – Pandemi Covid-19 berdampak pada setiap aspek kehidupan masyarakat, baik sosial maupun ekonomi. Tidak ada pengecualian untuk orang-orang di desa Kubangsari, Bradford yang tidak berdaya. Banyak penduduk, terutama pedagang kecil, mengalami penurunan pendapatan penjualan karena wabah.

Mengingat situasi ini, Zakat Home sebagai bentuk perawatan juga memberikan bantuan melalui program Family Food Sharing (BMK). Sebanyak 30 kotak bantuan diberikan kepada warga RW 01, 07 dan 08 dari Desa Kubangsari, Minggu (19/4).

Fasilitator Desa Kubangsari, Neni mengatakan bantuan makanan diberikan sebagai bentuk perawatan Rumah Zakat kepada masyarakat di tengah-tengah situasi sulit. "Berbagi makanan keluarga diberikan sebagai bentuk merawat Rumah Zakat kepada masyarakat melalui wabah. Kami berharap dapat membantu meringankan beban mereka yang terkena dampak wabah Covid-19," kata Neni.

Selain mendistribusikan program Berbagi Pangan Keluarga, Rumah Zakat memberdayakan salah satu warga Desa Kubangsari, Dedi Dedi, sebagai pedagang es keliling yang tidak menjual karena sekolah yang dulu ia jual ditutup sementara. Dedi mengatakan dia senang bisa terlibat dalam implementasi program Rumah Zakat.

"Alhamdulillah, saya senang ada yang mau memberi saya kekuatan dalam situasi seperti ini. Selain itu, saya bisa membantu, setidaknya dengan menyediakan makanan ini," kata Dedi.

Warni, warga setempat yang juga terinfeksi wabah Covid-19. Karena wabah itu, wanita berusia 52 tahun itu harus berhenti menjual paprika karena banyak yang tidak. Dia sangat senang ketika dia mendapat bantuan dari Rumah Zakat. "Terima kasih Rumah Zakat untuk menjaga kami di sini. Semoga Rumah Zakat menyebarkan lebih banyak kebaikan," katanya.

[ad_2]

Source link