Sebanyak 11 Distrik di Yunani dipengaruhi oleh PSBB

Petugas membagikan bantuan paket sembako bagi warga di wilayah yang terdampak penerapan PSBB (ilustrasi).

[ad_1]

PSBB selain Kota Surabaya, juga berlaku di Kabupaten Gresik dan Sidoarjo.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK – Sebanyak 11 kabupaten dari total 18 kabupaten di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terkena dampak rencana penerapan pembatasan sosial skala besar (PSBB) untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 di tiga wilayah, Surabaya dan Regional. Gresik dan Sidoarjo.

Kepala Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemerintah Kabupaten Gresik, Reza Pahlevi, mengakui bahwa pihaknya belum dapat menentukan mana dari 11 kabupaten yang terkena dampak implementasi PSBB di wilayahnya. Pasalnya, pemerintah daerah masih menunggu aturan gubernur (Pergub) sebagai dasar pelaksanaan PSBB. "Semua orang masih menunggu rencana Gubernur Jawa Timur malam ini, termasuk kita," kata Reza, Minggu (20/4).

Pergub, katanya, diperlukan sebagai dasar atau dasar hukum untuk implementasi PSBB di tiga wilayah lokal, termasuk yang terkait dengan hukuman jika terjadi pelanggaran. Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Walikota Surabaya Tri Rismaharini untuk membahas PSBB di daerah setempat tentang meningkatnya jumlah Covid-19.

Selain memanggil Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Gubernur Khofifah sebagai kepala Satgas Kovif Jawa Timur untuk Penanganan Percepatan juga memanggil dua kepala daerah lainnya, yaitu Bupati Gresik Sambari Halim Rudianto dan Penjabat Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin, bersama dengan para pejabat Forkopimda. Kedua kepala daerah dipanggil karena Sidoarjo dan Gresik terletak dekat dengan Surabaya dan memiliki pola interaksi daerah yang sangat dekat.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 9 pada tahun 2020, kriteria untuk menerapkan PSC meliputi jumlah kasus dan / atau jumlah kematian karena penyakit meningkat dan menyebar dengan cepat di beberapa daerah, hubungan epidemiologis dengan insiden serupa di wilayah atau negara lain, dan kesediaan pemerintah daerah untuk melaksanakannya.

Prosedur untuk menentukan PSB memerlukan aplikasi oleh gubernur untuk lingkup provinsi atau hanya di kabupaten tertentu atau untuk aplikasi yang diajukan oleh bupati / walikota untuk lingkup kabupaten. Tujuannya adalah untuk mempercepat penanganan Penyakit Coronavirus (Covid-19) dengan langkah-langkah yang jelas dan fungsi-fungsi utama dari institusi terkait serta sukarelawan dan penegak hukum bagi mereka yang melakukan pelanggaran.

[ad_2]

Source link