Topeng Saya Melindungi Anda, Topeng Anda Melindungi Saya – Covid19.go.id

Covid19.go.id Logo

[ad_1]

Topeng Saya Melindungi Anda, Topeng Anda Melindungi Saya

JAKARTA – COVID-19 Juru Bicara Pemerintah Achmad Yurianto menekankan pemahamannya tentang pentingnya menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus koroner jenis baru.

Mengenakan topeng berarti bahwa seseorang peduli dengan orang lain dan sebaliknya. Karena pada dasarnya, masker digunakan agar tetes atau air liur dari satu orang tidak menyebar ke orang lain.

"Topeng saya melindungi Anda, topeng Anda melindungi saya," kata Yuri dalam pernyataan resmi kepada Satuan Tugas Pusat Media untuk Penanganan Dipercepat COVID-19, Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Graha, Jakarta pada Jumat (17/4).

Menurutnya, mengenakan topeng adalah salah satu tindakan pencegahan yang harus diambil masyarakat umum untuk menghindari infeksi atau penyebaran virus koroner.

Selain itu, masyarakat juga didorong untuk mengadopsi prinsip saling mendukung dan toleransi dalam menangani bencana nasional wabah COVID-19.

"Hormati dan bantu mereka yang diasingkan, jangan mendiskriminasi pasien COVID-19 yang telah disembuhkan. Dan kita tidak bisa menyangkal orang mati yang meninggal karena penyakit ini," katanya.

Selain itu, orang sehat diminta untuk menjaga tubuh mereka terhadap pandemi COVID-19, antara lain dengan meningkatkan daya tahan tubuh, makan makanan bergizi, cukup nyaman, dan memiliki pikiran yang tenang dan gelisah.

Pada saat yang sama, Yuri juga merilis hasil rekapitulasi data yang menunjukkan bahwa pasien yang pulih dari COVID-19 meningkat menjadi 607 setelah 59 pasien tambahan. Jumlah itu sekaligus menghindari korban tewas harian pada Jumat (17/4) oleh 520 orang setelah bertambah 24.

Ini juga menunjukkan bahwa COVID-19 dapat disembuhkan dan dicegah.

Dari jumlah kasus pulih dan sekarat, Yuri juga mencatat peningkatan 407 kasus positif, sehingga total menjadi 5.923.

Ini juga menunjukkan bahwa penyebaran virus koroner sedang berlangsung. Oleh karena itu, Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk bekerja memutus rantai transmisi virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 beroperasi.

Agus Wibowo
Kepala Pusat Komunikasi dan Informasi Bencana BNPB

[ad_2]

Source link